Warga Lereng Merapi Laksanakan Salat Idul Fitri di Lapangan INSTIPER

oleh

Uri.co.id, YOGYA – Ratusan warga lereng Gunung Merapi memadati lapangan INSTIPER untuk melaksanakan salat Idul Fitri.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Glagaharjo, Slamet Ahmad mengatakan ada empat dusun yang mengikuti Salat Idul Fitri 1440 Hijriah.

Empat dusun tersebut merupakan dusun yang berada di lereng Merapi, seperti Kalitengah Kidul, Kalitengah Lor, Banjarsari, dan Sambungrejo, Klaten.

“Setiap tahun lapangan ini digunakan untuk salat Idul Fitri. Jamaah yang hadir dari sekitar sini, Kalitengah Kidul, Kalitengah Lor, Banjarsari, dan Sambungrejo, Klaten,” katanya usai salat Idul Fitri, Rabu (5/6/2019).

Ia melanjutkan, lapangan INSTIPER merupakan lokasi salat tertinggi di lereng Gunung Merapi.

Jaraknya hanya sekitar 4,5 Kilometer dari puncak Gunung Merapi.

“Ada beberapa lokasi salat di Glagaharjo, ada di Srunen, Singular, Gading, masih ada beberapa lagi. Kalau lapangan INSTIPER ini yang paling tinggi, jarak sekitar 4,5 kilometer dari puncak,” lanjutnya.

Kepala Desa Glagaharjo, Suroto menambahkan momen salat Idul Fitri menjadi momen yang baik untuk kembali mempererat tali silaturahmi, sebab sebelumnya memasuk bulan Ramadan warga sempat terpecah dalam pesta demokrasi.

“Sekarang kita tinggalkan nomor satu dan nomor dua, saatnya nomor tiga, Persatuan Indonesia. Ini jadi momen yang baik untuk menjaga persatuan kita. Harapannya persatuan kita lebih baik lagi,”tambahnya. (Uri.co.id) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!