Sri Sultan Hamengku Buwono X : Harus Ada Konsolidasi Para Pihak untuk Dinginkan Suasana

oleh

JOGJA. COM, YOGYA – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, meminta masyarakat untuk tetap menghormati dan mendengarkan pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Masyarakat pun diminta untuk saling menjaga sikap dan mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami harapkan ada konsolidasi dan para pihak bisa mendinginkan suasana dengan lapang dada menjaga persatuan bangsa,” jelasnya di Kepatihan, Selasa (21/5/2019).

Untuk warga DIY, Sultan pun meminta agar terus mengutamakan kohesi sosial, membangun kebersamaan dengan semangat Yogya Istimewa. Untuk masyarakat pun harus mampu dan mau membuka sekat-sekat ketegangan untuk harmonisnya hubungan.

“Yang paling penting menjaga ketertiban dan keamanan serta merekatkan tali pengikat persaudaraan, ” urainya.

Adapun saat ini adalah semua warga mendengarkan pengumuman hasil rekapitulasi sesuai tahapan yang ditetapkan dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2019.

Sultan pun mengucapkan selamat kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin atas perolehan suara tertinggi.

“Untuk pendukungnya harus mengedepankan sikap Tepa Selira dan merayakan kemenangan bukan layaknya pemenang perang, ” ujarnya.

Untuk paslon Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, Sultan meminta agar mereka bisa menerima hasil dengan sikap kesatria. Jika memang ada keberatan dalam hasil Pemilu, Sultan mengatakan bisa ditempuh jalur hukum sesuai mekanisme perundangan yang berlaku.

” Harapan lanjut tidak membawa ke demokrasi jalanan. Hal ini akan menjadi penghalang tumbuhnya kedewasaan demokrasi, ” jelasnya. (jogja I Agung Ismiyanto)  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!